Apakah
Pembelajaran Komputer di Usia Dini Sudah di Perlukan Saat Sekarang ini ?
OLEH
NOVA OKTRIYANI
Jurusan PG-PAUD
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
ABSTRAK
Perkembangan zaman dan
kecanggihan teknologi yang maju di kehidupan kita membuat orang tua dan guru
memiliki peran penting dalam pengenalan teknologi yang ada. Salah satunya yaitu
komputer. Saat sekarang ini komputer tidak asing lagi bagi dunia anak karena
memang anak sudah mengenal komputer tetapi hanya sekedar untuk permainan
baginya, baik secara offline maupun
secara online. Untuk itu, semenjak dini pendidik
perlu mengenalkan teknologi tersebut kepada anak-anak kita. Karena penguasaan
teknologi dimasa depan akan menentukan kejayaan sebuah Bangsa dan Negara. Dalam
pengenalan komputer, kita bisa menceritakan manfaat dan kegunaan komputer bagi
kehidupan kita. Selain itu, komputer juga bisa mengembangkan segala aspek
perkembangan anak baik kognitif, bahasa, fisik motorik, seni dan lain-lain
sebagainya, maka memang diharuskan untuk penngenalan komputer pada anak usia
dini.
PENDAHULUAN
Anak memiliki karateristik yang unik dan berbeda- beda. Salah
satu karakteristik penting pada anak usia dini adalah rasa keingintahuan yang
sangat besar. Seringkali mereka banyak bertanya untuk mengetahui banyak hal
yang menarik bagi mereka. Sebagai orang tua kita tidak boleh bosan dengan
banyak pertanyaan yang mereka ajukan. Terlebih jika hal-hal yang mereka ingin
ketahui termasuk hal yang baru untuk mereka. Karena proses belajar pada
hakikatnya diawali dengan rasa ingin tahu yang ada dalam diri seseorang. Tanpa
adanya rasa ingin tahu, seseorang tidak akan pernah tertarik untuk belajar. Dan
pengalaman belajar akan sangat berkesan jika anak melakukan langsung. Ajaklah
anak untuk mengamati, melihat dan menyentuh langsung obyek yang akan
dipelajari.
Pembelajaran tentang teknologi komputer pada anak usia dini
dilakukan hanya sebatas mengenal perangkat komputer sebagai teknologi yang
dapat membantu pekerjaan manusia. Anak usia dini perlu mengetahui potensi yang
dapat dimanfaatkan oleh perangkat komputer yang memudahkan kerja kita semua.
Penjelasan tentang teknologi komputer ini hendaknya dilakukan dalam suasana
menyenangkan dan dengan bahasa yang sederhana pula. Pengenalan potensi komputer
untuk pembelajaran anak usia dini dapat dilakukan melalui kegiatan pembelajaran
berupa menggambar dan bernyanyi. Misalnya dengan program aplikasi menggambar
kita dapat mengajak anak untuk menggambar obyek dan mewarnainya. Ajaklah anak
untuk belajar menggeser mouse, menggambar dan mewarnainya. Hasil pekerjaan anak
akan terlihat pada layar monitor.
PEMBAHASAN
A.
Teori Perkembangan Anak
Bermain adalah perangkat untuk membangun pengetahuan anak.
Piaget percaya bahwa bermain memiliki tempat istimewa dalam kehidupan setiap
anak manusia. Seorang anak memperoleh pengetahuan bukan hanya melalui informasi
dari lingkungan atau dengan meniru kegiatan orang lain, melainkan juga dalam
proses bermain. Sama halnya dengan memainkan komputer, bukan hanya sekedar
pengetahuan bagaimana memainkan computer yang di ajarkan tapi dengan bersamaan
juga bisa mngembangkan motorik anak, misalnya merangsang motoric tangan anak
dan menyeimbangkan koordinasi mata anak. Selain itu, juga bisa merangsang
kecerdasan anak melalui permainan komputer. Gardner menciptakan teori “multiple
Intelligence” yaitu kescerdasan linguistik, kecerdasan logika matematika,
kecerdasan pasial, kecerdasan bermusik, kecerdasan bodi kinestetik,kecerdasan
interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan naturalis, kecerdasan
eksitensi dan kecerdasan moral yang bisa kita kembangkan melalui permainan komputer.
B.
Manfaat Komputer Untuk Anak Usia
Dini
Dengan menggunakan komputer, anak
menjadi lebih senang belajar karena adanya perangkat lunak pendidikan yang
diprogram sedemikian menarik. Semakin anak tertarik kepada program tersebut,
semakin tertarik pula dia untuk belajar. Misalnya, perangkat lunak program
pengetahuan dasar membaca. Anak akan lebih suka membaca melalui program yang
disertai gambar yang dapat bergerak dan bersuara, tulisan yang dapat membuka
halaman lain, atau huruf-huruf yang dapat berubah-ubah warna daripada belajar
membaca dari buku yang itu-itu saja.
Selain program pendidikan, komputer juga menawarkan program
aplikasi berbentuk permainan elektronik yang pada umumnya tidak secara khusus
diberi muatan pendidikan formal tertentu. Akan tetapi, permainan elektronik
tersebut dapat membantu anak untuk belajar bagaimana bertahan, membuat
strategi, dan membangkitkan semangat kepemimpinan.
Karena
sering menggunakan komputer, anak dapat mengoperasikan berbagai program olah
kata dan angka. Para balita juga dapat belajar mengenal warna dan bentuk-bentuk
melalui program pendidikan yang dioperasikan dengan komputer. Anak juga
memungkinkan memiliki kosa kata dalam bahasa Inggris melalui komputer.
Metode atau cara mendidik anak pada usia dini, tentu
sangatlah berbeda dengan metode atau cara mendidik anak pada masa remaja atau
masa setelahnya. Untuk mendidik anak pada usia dini, kita harus menyajikan
materi yang akan kita ajarkan dengan desain yang sangat menyenangkan, salah
satunya dengan komputer.
Dengan komputer, proses belajar anak akan terasa sangat
menyenangkan. Hal itu tidak bisa dipungkiri lagi, dengan komputer kita bisa
memasukkan program-program edukasi yang cocok untuk pendidikan anak pada usia
dini. Dengan komputer pula, kita sebagai pendidik akan merasa sangat terbantu
dengan penyampaian yang disajikan oleh komputer tanpa meragukan hasil yang
kurang optimal. Adanya tampilan gambar warna-warni yang dapat bergerak serta
didukung dengan suara atau nyanyian yang riang gembira dapat merangsang anak
untuk lebih betah bermain sambil belajar. Karena hanya metode bermain sambil
belajarlah yang cocok diberikan kepada anak usia dini.
Selain
itu, orang tua dan juga harus memperhatikan permainan yang dimainkan anak, misalnya
ada permainan yang sifatnya kekerasan yang juga bisa menimbulkan rasa ingin
malukakan dari apa yang dia lihat dan mainkan. Berikan permainan yang memang
utuk mendidik dan merangsang berbagai aspek perkembangan anak.
KESIMPULAN
Jad,i
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran koputer utuk anak usia dini sangat
diperlukan disaat sekarang ini dengan melihat perkembangan teknologi saat
sekarang ini. Manfaat menstimulasi melalui permainan komputer agar
anak dapat belajar dengan media yang nyata sehingga pembelajaran menjadi hidup
dan tidak membosankan bagi anak. Bisa mengembangkan berbagai aspek perkembangan
anak yaitu kognitif, bahasa, fisik motorik,seni dan kreativitas anak.
Merangsang penglihatan dan pendengaran anak (audio visual), dengan pembelajaran
melalui game, pembelajaran tidak akan membosankan bagi anak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar